Jika anak memiliki teman yang provokator, sering meledek sehingga memicu emosi dan diakhiri pertengkarang, kita perlu mempersiapkan mental anak.

Tingkatkan percaya diri anak

Anak mungkin sering diledek, entah fisik seperti tubuh gendut, kulit hitam, kerempeng, rambut kribo, ataupun hal lainnya. Tingkat rasa percaya diri anak dengan mengungkapkan kelebihannya, misal, :memang tubuhmu kerempeng, tapi kamu itu anak cerdas loh”percaya diri yang tinggi membuat anak tak mudah emosi, lebih santai menghadapi ejekan temannya.

Tidak membalas

Meski anak direbut barangnya, dijambak, dipukul, atau ditendang, jangan memintanya untuk membalas, melainkan minta ia untuk menghindar atau mempertahankan diri. Menjauhi teman yang memukulnya jauh lebih baik. setelah itu, minta ia memaafkan is teman karena mungkin ia khilaf. Buang perasaan dendam dan keinginan membalas karena siapa tahu anak yang memukulnya merasa bersalah dan ingin minta maaf serta ingin bersahabat kembali.

Minta pertolongan

Kita bisa mengajari anak untuk segera meminta pertolongan jika ada teman yang ingin menyakitinya. Jika terjadi di sekolah, bisa meminta tolong guru, sekuriti, atau orang lain yang lebih dewasa. Jika terjadi di rumah, bisa minta pertolongan pengasuh, kakak, om, tante, dan lainnya. Minta anak mengungkapkan kejadian yang sebenarnya dan tidak dibuat-buat. Atau bisa juga minta kepada anak untuk memakai kalimat ancaman akan mengadukan hal tersebut kepada orangtua dan guru. Mungkin dengan ancaman tersebut, anak yang hendak memukul akan menjadi jera.

Beri contoh yang baik

Dalam keseharian kita perlu memberi contoh yang baik kepada anak. Salah satunya dengan selalu bersikap sabar saat menghadapi masalah. Pada saat anak sedang tidak bisa untuk diatur, kita tidak perlu untuk secara langsung memarahi anak dengan membentaknya. Bersikaplah bijak dan terus memberi arahan menggunakan cara-cara yang lembut. Dengan begitu anak melihat model yang akan ditirunya dalam berperilaku. Ketika ada yang meledeknya, dia akan lebih mudah untuk tidak melakukan konfrontatif sehingga pertengkaran pun terhindari.

Simak juga informasi lengkap mengenai tempat rekomendasi terbaik kursus IELTS di Jakarta yang terbaik.