Ingin mendapatkan keramik dengan harga miring? Datang saja ke Rawasari, Jakarta Pusat. Ada banyak keramik dari berbagai merek, ukuran, dan motif dengan jumlah yang sangat lengkap di sini. Nama Rawasari, Jakarta Pusat sebagai salah satu sentra keramik ternama di Jakarta memang sudah diakui. Bahkan, pembelinya tak hanya warga Jakarta, warga luar Jakarta pun seolah terhipnotis untuk berbelanja keramik di kawasan ini.

Tersedia Dari Kw 1 Hingga Kw3

Bukan tanpa alasan banyak orang tertarik datang ke sini. Jejeran toko-toko keramik bercampur dengan toko bahan bangunan lain tampak memenuhi ruko di sepanjang Jalan Rawasari hingga Jalan Percetakan Negara menuju Salemba Raya. Di lokasi ini, Anda dapat menemukan jenis keramik, mulai dari tipe KW 1 hingga KW 3. Anda pun bisa mendapatkan keramik dengan harga miring, asal pintar bernegosiasi dengan si penjual. Sentra Rawasari ini terletak tepat di sisi bypass Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Tak kalah dengan supermarket bahan bangunan, toko keramik di kawasan ini juga menyediakan ubin lantai dan dinding dengan beragam motif dan ukuran, mulai dari motif klasik hingga modern, ukuran terkecil hingga terbesar. Tak ada perbedaan harga yang signifi kan antara satu kios keramik dengan kios keramik lainnya. Untuk keramik berukuran 10cm x 20cm dijual seharga Rp50.000—Rp60.000 dengan isi 70 keping, sementara itu, untuk keramik ukuran 20cm x 20cm dijual seharga Rp48.000— Rp50.000 per dus. Anda juga bisa menemukan granit yang dibanderol seharga Rp95.000 untuk ukuran 60cm x 60cm.

Ada Material Lain

Selain keramik, Rawasari juga menyediakan material bangunan lainnya seperti plafon, marmer, dan penutup atap, serta sanitari. Untuk plafon gipsum, terdapat beberapa toko yang dapat Anda kunjungi, harganya pun tak jauh berbeda antar-satu toko dengan toko lainnya. Umumnya, setiap harga dibanderol berdasarkan merek masingmasing barang.

Harga plafon gipsum dengan ukuran 1,2m x 2,4m dibanderol mulai dari Rp50.000—Rp70.000, sedangkan untuk list plafonnya mulai dari Rp13.000-an. Walaupun memang jumlahnya tak sebanyak kios keramik, ada pula kios yang menjual material penutup atap, seperti genting dan atap baja ringan. Di PD Baja Mas 1, misalnya. Atap genting lembarannya dijual mulai dari Rp60.000/lembar ukuran 80cm x 80cm.

Sementara itu, material rangka atap baja ringan dijual secara terpisah, harganya mulai dari Rp135.000-an. Kios ini juga menyediakan jasa pemasangan juga, lho, yang dikenakan biaya Rp250.000 per meter sudah satu paket dengan genting metal plus kanal. Anda dapat melakukan aksi tawar-menawar dengan si penjual untuk mendapatkan harga miring. Dalam satu kawasan ini, Anda sudah dapat memenuhi satu kebutuhan rumah (atap, lantai, dinding, dan sanitari). Lengkap dan murah, kan?

Selain keramik yang cantik, rumah juga membutuhkan genset sebagai sumber listrik cadangan. untuk mendapatkan genset dengan harga yang murah bisa membelinya di suplier distributor resmi genset silent 750 Kva di Balikpapan. Salah satu suplier resmi genset di Balikpapan adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.