Melepas penggunaan AC secara total dari kehidupan kita bukanlah hal mudah, khususnya bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Panasnya udara saat musim kemarau tak hanya membuat panas di luar, tetapi mampu menaikkan suhu di dalam rumah. Atap yang seyogianya dapat menahan panas, kadang tidak mampu memberi kontribusi yang besar dalam menghalau panas. Begitu juga dengan dinding dan penggunaan kaca yang kadang turut berperan membuat rumah makin terasa panas.

AC pun seakan menjadi barang yang wajib ada di dalam rumah. Padahal, dengan kondisi tarif listrik saat ini yang terus meningkat, penggunaan AC akan semakin membuat boros pengeluaran Anda. Tirta, seorang penghuni rumah yang tinggal di Kelapa Gading Jakarta Utara, mengungkapkan bahwa sebelum menggunakan produk ini, rumahnya sangat panas dan pengap. Sepulang sekolah, anak-anaknya tidak betah tinggal di rumah dan lebih banyak menghabiskan waktu ke mal. Hawa panas di dalam rumah ini juga Schiella rasakan sepulang dari kantor.

Padahal, ia pulang setelah matahari tenggelam. Di saat akhir pekan, keluarganya juga tidak betah tinggal di rumah. Alhasil, ia harus menyiapkan pengeluaran untuk jalan-jalan keluarga setiap akhir pekan. Jika harus menghabiskan akhir pekan di rumah, hampir semua AC di rumah menyala. Schiella bahkan pernah menerima tagihan listrik hingga Rp4,5 juta sebulan akibat penggunaan AC yang berlebihan. “Boros banget!” ucapnya. Berdasarkan pengalaman itu, ia mencoba mencari cara agar suhu di rumahnya turun. Dari salah satu media cetak, ia akhirnya menemukan produk penolak panas, yaitu Reflecto.

Awalnya, ia hanya mengaplikasi cat ini di salah satu dinding rumahnya. Seminggu setelah pemasangan, ia memutuskan untuk mengecat seluruhnya dikarenakan ia merasa ada penurunan suhu. Pengecatan itu meliputi atap bitumen, atap dak, dinding, dan kaca. Schiella mengaku tak perlu menggunakan AC di siang hari dan cukup menyalakan AC seperlunya di malam. “Cat ini mampu menurunkan suhu hingga 80C. Jika tidak ada perubahan, jaminan uang kembali,” ucap Asep Suherland, GM Energy Saving Consultant PT Citra Megah Selecomindo.

Selain menolak panas, cat ini dapat berfungsi sebagai waterproofing, mencegah retak rambut, serta menolak UV dan IR 99,9%. Cat ini menggunakan teknologi self cleaning, sehingga Anda tidak perlu merawat dan membersihkan kotoran yang menempel di permukaan cat. “Saat musim hujan, semua debu dan kotoran akan terlepas dari permukaan cat, sehingga tampilan cat tetap bersih,” ucap Asep. Selain itu, warnanya juga tidak akan menguning walau terkena hujan dan panas terus menerus.

Untuk jenisnya, cat ini terbagi menjadi 4, yaitu Cool Water Proofing, Cool Roof, Cool Paint, dan Cool Glass Coating. Untuk kemasannya, cat ini terdiri dari kemasan 1kg, 4kg, dan 20kg. Untuk harga, Cool Water Proofing Rp150.000 per kg (daya sebar 6m2), Cool Roof Rp140.000 per kg (daya sebar 6m2), Cool Paint Rp130.000 per kg (daya sebar 6m2), dan Reflecto Glass untuk tipe film Rp800.000 per kg. Tertarik menggunakan? Silahkan hubungi langsung.

Agar AC bisa tetap hidup disaat listrik dari PLN sedang padam bisa menggunakan genset. Harga genset murah bisa dibeli dari toko jual genset 1250 Kva di Jakarta. Karena disana memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.