Penyebab Genset Tidak Keluar Tegangan

Genset merupakan alternatif yang digunakan pada saat terjadi pemadaman listrik. Penggunaan genset saat ini sangat luas, mulai dari perumahan, sekolah, kantor, perusahaan, mall, pabrik, dan sebagainya. Sehingga seringkali terjadi masalah terutama pada teganganya. Penyebab genset tidak keluar tegangan bisa jadi karena pemakaian dan sebagainya.

Beragam Hal Penyebab Genset Tidak Keluar Tegangan

Masalah yang sering terjadi pada genset adalah tegangan. Tegangan sering tidak keluar sehingga genset tidak mampu memberikan aliran listrik sebagaimana mestinya. Anda dapat menemukan genset di berbagai tempat jual genset Makassar dan daerah lainya. Berikut penyebab tegangan tidak keluar pada genset.

  1. Mesin tidak beroperasi

Masalah paling umum adalah pada mesin. Mesin genset dapat menjadi penyebab tegangan tidak keluar dengan baik. Jika terjadi masalah pada mesin, maka cara memperbaikinya dengan menghidupkan mesin penggerak genset dan pastikan putaran mesin genset tersebut sudah normal dengan kecepatan 1500 rpm.

  1. Masalah pada breaker

Breaker pada genset harus dapat keadaan naik ketika genset menyala. Namun, biasanya breaker tidak dapat keadaan demkian, sehingga teganga tidak keluar. Jika terjadi hal demikian, maka ukur keluaran breaker antar phase. Besaran yang seharusnya keluar yaitu 380 sampai 400 volt. Jika breaker sudah dinaikan, namun masih tetap tidak keluar voltase, maka kabel power genset dalam keadaan short.

  1. Terdapat masalah pada AVR

AVR dapat menjadi penyebab tegangan tidak keluar. AVR yang mengalami kendala atau masalah akan menyebabkan arus atau tegangan tidak keluar dengan baik. Cara memperbaikinya dengan mengganti diode lama dengan diode baru.

  1. Terdapat masalah pada exciter

Jika terdapat masalah pada gulungan exciter atau pada rotor dan statornya maka genset tidak bisa mengeluarkan tegangan. Kemungkinan kedua gulungan tersebut terjadi masalah sehingga tegangan tidak keluar. Jika terdapat masalah pada exciter, Anda harus mengeceknya dulu.

  1. Saklar dan kabel rusak

Saklar dari genset menuju instalasi listrik harus dinyalakan supaya tegangan listrik dapat keluar dan mengalir dengan baik. Saklar tersebut berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dari genset. Sedangkan kabel berfungsi sebagai penghubung semua instalasi. Jika keduanya mengalami kerusakan, genset tidak dapat mengeluarkan tegangan atau arus listrik.

Genset mempunyai mesin yang mampu menghasilkan energi untuk kebutuhan listrik. Dengan adanya genset ini dapat menjadi pengganti sumber listrik dengan bahan bakar bensin atau solar. Genset mempunyai kapasitas yang besar sehingga mampu menampung aliran listrik untuk segala kebutuhan.